SYARAT DAN KETENTUAN SHOOPER

 

1 PENDAHULUAN

1.1 Selamat datang di aplikasi Shooper. Mohon baca dan pelajari Syarat dan Ketentuan Pengguna Shooper yang lengkap di www.shooper.co.id/termsconditions

1.2 Dengan mengunduh, menginstalasi, mendaftar dan menggunakan aplikasi Shooper, maka para pengguna sudah mempelajari, berkenan dan menyetujui semua syarat-syarat dan ketentuan di bawah ini.

1.3 Syarat dan ketentuan ini dapat dirubah sewaktu-waktu secara tertulis di situs kami www.shooper.co.id/termsconditions dan kami selalu berpegang teguh dan mentaati undang-undang dan peraturan-peraturan yang berlaku di Republik Indonesia. Apabila pengguna tidak menyetujui syarat dan ketentuan ini, kami mohon untuk tidak mengunduh, mendaftar dan menggunakan aplikasi ini.

1.4 “Shooper” merupakan merek dagang dan nama sebuah aplikasi “Mobile Platform” yang dimiliki sepenuh nya, dikelola dan dioperasikan oleh PT Saravon Indo Aplikasi beralamat di Menara Batavia, Lt 2 CECT Trisakti, Jl. KH. Mas Mansyur, Karet Tengsi, Jakarta Pusat 10220, Indonesia atas kerjasama dan lisensi dari PT Indo Bisnis Dinamis beralamat di Gedung Manhattan Square, Lt. 3, Unit B, Jl. TB Simatupang Kav 1-S, Jakarta 12560, Indonesia. (selanjutnya disebut “Shooper” atau “kami”).

1.5 Shooper menyediakan sebuah sarana untuk berbagi informasi tentang harga produk-produk yang dibeli oleh para pengguna kami yang belanja diberbagai toko, dan mempersembahkan informasi harga produk-produk tersebut kepada pengguna-pengguna demi manfaat bersama semuanya.

1.6 Prinsip dasar Shooper adalah pengguna merupakan komunitas yang bebagi informasi harga agar pengguna lain dapat mengetahui harga-harga produk di berbagai toko. Ini sering disebut “crowd-sourcing” dan sesuai dengan sarana “crowd-sourcing” yang lain di seluruh dunia dan di Indonesia, informasi yang dipersembahkan tidak dijamin akurasi dan keabsahannya.

1.7 Shooper menyediakan berbagai fasilitas dan manfaat kepada pengguna seperti: mendapatkan berbagai informasi tentang produk-produk terutamanya harga melalui upload struk belanja para pengguna, dapat melakukan pencarian produk-produk, mendapatkan informasi harga produk-produk tersebut, membuat daftar belanja yang dapat dibagi-bagi, menghitung dan mencari harga termurah, mendapatkan laporan belanja bulanan, mendapatkan poin-poin untuk setiap struk belanja yang diupload dan disetujui, menukar poin-poin tersebut untuk berbagai produk, hadiah, berbagi resep masakan lengkap dengan daftar ramuan, maupun manfaat lainnya, menerima undangan untuk menghadiri acara-acara yang kami selanggarakan sendiri maupun dengan mitra pihak ketiga, mendapatkan informasi-informasi tentang produk-produk, mendapatkan rekomendasi-rekomendasi tentang produk-produk, dan juga manfaat-manfaat yang lainnya.

 

2 SHOOPER TIDAK MEMUNGUT BIAYA APAPUN DARI PARA PENGGUNA APLIKASI INI.

 

3 KEBIJAKAN UPLOAD STRUK BELANJA DAN POINT REWARDS

3.1 Prinsip dasar Shooper adalah komunitas berbagi informasi harga agar semua pengguna mendapat manfaat. Kepada yang ingin berbagi informasi harga cukup mengupload struk belanja.

3.2 Kepada yang mengupload struk belanja akan mendapat berbagai manfaat:

3.2.1 Informasi belanja bulanan yang dapat digunakan untuk mengelola belanja bulanan, mengetahui berapa nilai belanja untuk setiap kategori produk dan informasi laninnya. Data ini merupakan data pribadi pengguna yang tidak diungkapkan kepada pihak yang lain.

3.2.2 Berbagi informasi agar pengguna lain dapat informasi harga produk yang anda beli

3.2.3 Point Rewards yang dapat ditukarkan untuk undian berbagai produk maupun hadiah.

 

3.3.1 Para pengguna diwajibkan mengunduh struk belanja milik sendiri yaitu struk hasil dari transaksi yang dilakukan sendiri. Pengguna dilarang keras mengunduh struk belanja milik orang lain, atau struk hasil transaksi orang lain , atau struk yang melanggar Syarat dan Ketentuan yang dijabarkan di bawah ini.  

3.3.2 Pengguna diminta untuk selalu melakukan kegiatan di aplikasi Shooper dengan jujur dan menghindar kegiatan-kegiatan yang curang dan tidak etis untuk mendapatkan poins, hadiah dan imbalan dari Shooper

 

3.3 Struk Belanja Yang Diterima.

Hanya struk belanja yang memenuhi syarat dan ketentuan di bawah ini dapat diterima:

3.3.1 Struk resmi dari sebuah toko seperti minimarket, supermarket, toko swalayan, toko farmasi, toko elektronik dan toko-toko lainnya yang menjual produk-produk rumah tangga yang lazim dibeli di sebuah supermarket di Indonesia

3.3.2 Struk di upload 5 (lima) hari dari tanggal pada struk

3.3.3 Data lengkap pada struk lengkap dengan nama toko, alamat toko, tanggal, nama produk, jumlah produk dan harga produk.

3.3.4 Struk belum pernah di upload oleh pengguna atau pengguna yang lain.

3.3.5 Struk belanja haruslah struk belanja dari pengguna itu yang membeli barang-barang dari sebuah toko dan bukannya struk belanja orang lain atau struk yang ditemukan, atau struk belanja yang bukan dari pembelian pengguna

3.3.6 Maksimal diperbolehkan 5 struk belanja diupload dalam sehari. Jika pengguna memiliki lebih dari 5 struk yang ingin diupload, mohon upload struk ke enam dan selanjutnya di esok harinya

3.3.7 Maksimal diperbolehkan 20 struk belanja diupload dalam jangka waktu seminggu (7 hari). 

 

3.4 Struk Belanja Yang Ditolak

3.4.1 Struk yang bukan resmi dari toko atau struk yang dibuat sendiri di rumah.

3.4.2 Struk yang tidak lengkap datanya seperti nama dan alamat toko, deskripsi produk dan harga produk, jumlah produk dan tanggal struk tidak tertera atau tidak bisa dibaca.

3.4.3 Struk yang di upload lebih dari 5 (lima) hari dari tanggal struk tersebut

3.4.4 Struk yang sudah di upload sebelumnya oleh pengguna atau pengguna yang lain

3.4.5 Struk yang tidak jelas, buram, gelap, terpotong atau apapun yang membuat struk tidak dapat dibaca

3.4.6 Struk belanja yang bukan merupakan hasil dari pembelian pengguna, yaitu struk belanja orang lain, atau struk belanja yang diduplikasikan, struk belanja yang ditemukan dan bukan merupakan hasil dari transaksi yang dilakukan pengguna

3.4.7 Struk belanja yang melebihi dari 5 struk yang diupload dalam sehari, atau melebihi 20 struk dalam jangka waktu seminggu (7 hari)

3.4.8 Struk belanja dari luar Indonesia

3.4.9 Struk belanja yang isinya bukan merupakan barang-barang keperluan sehari-hari. Contoh struk yang ditolak apabila hanya mengandung pembayaran pulsa telepon, cicilan kredit, top-up saldo, pembayaran PLN, dan sebagainya.

3.4.10 Struk belanja yang nilai transaksinya nihil, atau struk yang di cancel, atau struk yang dicetak oleh pegawai toko tetapi tidak merupakan sebuah transaksi pembelian yang benar, akan ditolak

3.4.11 Barang-barang yang terdapat pada struk belanja dengan nilai nihil atau di diskon 100% akan ditolak

 

3.5 Point Rewards:

3.5.1 Setiap satu struk yang disetujui mendapat 20 poin

3.5.2 Setiap produk yang unik pada setiap struk akan mendapat 40 poin

3.5.3 Contohnya, pengguna A mengupload sebuah struk dan semua syarat dan ketentuan sudah disetujui. Terdapat 10 produk yang berbeda pada struk tersebut. Maka, pengguna A akan mendapat 20 poin ditambah 40 poin x 10 produk yaitu 20 + 400 = 420 poin.

3.5.4 Pastikan hanya satu struk untuk setiap kali upload. Apabila ingin upload lebih dari satu struk, mohon diulang proses uploadnya.

 

3.6 A Penukaran Poin Untuk Undian Hadiah

3.6.1 Secara rutin kami akan menyelenggarakan undian di aplikasi Shooper dimana pengguna dapat menukar poin untuk mendapatkan undian hadiah.

3.6.2 Untuk mendapatkan setiap kesempatan undian, pengguna haruslah memiliki jumlah poin yang mencukupi untuk mendapat setiap satu kali undian. Contohnya, untuk mendapat kesempatan memenangkan undian sebuah alat masak, pengguna harus memiliki 1.000 (seribu) poin. Maka pengguna yang memiliki 1.000 (seribu) poin dapat menukarkan poin tersebut untuk satu kali (1 x ) undian.

3.6.3 Poin yang sudah ditukarkan untuk undian tidak dapat dikembalikan

3.6.4 Dengan menukarkan poin untuk undian tidak menjamin akan mendapat hadiah

3.6.5 Peluang untuk memenangkan hadiah dari undian tergantung kepada jumlah pengguna yang ikut serta di dalam undian itu

3.6.6 Hanya hadiah-hadiah yang tertera pada aplikasi Shooper merupakan hadiah-hadiah yang diundi

3.6.7 Stok hadiah-hadiah undian terbatas dan kami berhak melakukan substitusi sebuah hadiah dengan hadiah yang lain yang nilainya kurang lebih sama

3.6.8 Apabila pengguna terbukti memperoleh poin dengan mengupload struk yang tidak memenuhi syarat, atau poin diperoleh dengan cara yang curang, atau poin diperoleh atas kesalahan biar itu pada Shooper yang disengajakan atau tidak, maka kami berhak untuk meninjau ulang maupun membatalkan perolehan hadiah undian tersebut.

3.6.9 Keputusan panitian undian Shooper adalah mutlak dan final dan tidak dapat dirubah melainkan dengan alasan hukum yang berlaku di Indonesia.

3.6.10 Sewaktu waktu Shooper akan menyelanggarakan promosi-promosi khusus dan terbatas yang akan diumumkan di aplikasi Shooper. Syarat dan ketentuan promosi khusus ini akan kami tampilkan di aplikasi Shooper

3.6.11 Kepada pemenang hadiah undian dan juga pengguna yang menukarkan points untuk hadiah, voucher belanja maupun transfer tunai secara langsung, dalam jangka waktu 2 x 24 jam kerja Shooper akan menghubungi melalui e-mail untuk melakukan konfirmasi identitas berupa KTP, alamat pengiriman dan nomer HP yang bisa dihubungi. Apabila semua sudah terkonfirmasi dengan lengkap, maka Shooper akan mengirimkan hadiah atau voucher belanja maupun transfer tunai selambatnya dalam 7 (tujuh) hari kerja. Apabila pengguna gagal dihubungi melalui e-mail dan Shooper telah berusaha menghubungi dengan cara lain, atau pengguna gagal untuk melakukan konfirmasi identitas, dan setelah 7 (tujuh) hari kerja, maka Shooper berhak untuk memberikan hadiah kepada pengguna lain.

 

3.6 B Program Ajak Teman Dapatkan Kesempatan Menang Undian HP Samsung Galaxy A71

3.6.11 Dalam waktu promosi spesial yang terbatas, pengguna yang sudah melakukan verifikasi e-mail dengan sukses dapat mengirim kode referal kepada teman-teman untuk mengajak teman-temannya untuk menginstalasi aplikasi Shooper dan bisa berpartisipasi di dalam program promosi ini.

3.6.12 Teman-teman yang diajak instalasi aplikasi Shooper haruslah merupakan user baru dan belum pernah sebelumnya melakukan download dan instalasi aplikasi Shooper.

3.6.13 Teman-teman yang diajak wajib melakukan verifikasi e-mail dengan sukses untuk membuktikan bahwa dia adalah pengguna yang baru, belum pernah terdaftar sebelumnya dan benar-benar melakukan instalasi aplikasi Shooper di HP masing-masing.

3.6.14 Setelah teman-teman yang diajak berhasil melakukan verifikasi e-mail dan memenuhi ketentuan di atas, maka pengguna yang mengirimkan kode referal akan mendapatkan 800 poin untuk setiap teman. Setiap teman-teman yang instalasi Shooper di HP masing-masing akan mendapatkan 200 poin.

3.6.15 Poins yang terkumpul di program ini khusus untuk mendapapatkan undian untuk kesempatan menang HP Samsung Galaxy A71

3.6.16 Poins yang terkumpul di program Ajak Teman ini tidak bisa ditukar untuk hadiah-hadiah lain seperti voucher belanja, peralatan elektronik maupun HP Samsung yang lain.

3.6.16 Kami berhak membatalkan penukaran poin pengguna yang mengumpulkan poin dengan cara yang curang yaitu dengan mengajak teman-teman yang fiktif, atau saat teman-teman yang diajak diverifikasi ternyata e-mailnya tidak valid, teman-temannya bukanlah pengguna yang baru, atau teman-temannya adalah pengguna yang mengirimkan kode referal itu sendiri, atau menggunakan BOT untuk mendapatkan poin.

 

3.7 Penukaran Poin Untuk Hadiah Langsung

3.7.1 Secara rutin kami akan menyediakan berbagai produk maupun hadiah yang dapat diperoleh secara langsung tanpa diundi dengan menukarkan poin secukupnya pada aplikasi Shooper.

3.7.2 Untuk mendapatkan produk atau hadiah secara langsung yang dimaksud, pengguna menukarkan poin dengan jumlah yang mencukupi tanpa diundi.

3.7.3 Contohnya, pada aplikasi Shooper terdapat sebuah alat masak dengan nilai 5.000 (lima ribu) poin. Apabila pengguna menginginkan produk tersebut, maka pengguna harus memiliki setidaknya 5.000 (lima ribu) poin, lalu poin tersebut ditukarkan untuk produk tersebut. Dengan melakukan hal ini, maka poin pengguna ini akan berkurang 5.000 poin.

3.7.4 Stok produk-produk dan hadiah terbatas dan apabila stok habis, maka kami berhak untuk menawarkan produk lain maupun memberi kesempatan kepada pengguna untuk membatalkan penukaran langsung. Dalam hal ini, poin pengguna tidak akan dipotong.

3.7.5 Apabila pengguna terbukti memperoleh poin dengan mengupload struk yang tidak memenuhi syarat, atau poin diperoleh dengan cara yang curang, atau poin diperoleh atas kesalahan biar itu pada sistim Shooper yang disengajakan atau tidak, maka kami berhak untuk meninjau ulang maupun membatalkan penukaran tersebut.

3.7.6 Kepada pemenang hadiah langsung tanpa diundi biar itu dalam bentuk produk, voucher belanja maupun transfer tunai secara langsung, dalam jangka waktu 2 x 24 jam kerja Shooper akan menghubungi melalui e-mail untuk melakukan konfirmasi identitas berupa KTP, nomer rekening bank beserta cabangnya,  alamat pengiriman dan nomer HP yang bisa dihubungi. Apabila semua sudah terkonfirmasi dengan lengkap, maka Shooper akan mengirimkan hadiah atau voucher belanja maupun transfer tunai selambatnya dalam 7 (tujuh) hari kerja. Apabila pengguna gagal dihubungi melalui e-mail dan Shooper telah berusaha menghubungi dengan cara lain, atau pengguna gagal untuk melakukan konfirmasi identitas, dan setelah 7 (tujuh) hari kerja, maka Shooper berhak untuk memberikan hadiah kepada pengguna lain.

 

3.8 Jaminan Pada Produk Undian Maupun Penukaran Langsung

3.8.1 Shooper berusaha untuk mempersembahkan hadiah-hadiah maupun produk-produk yang berkualitas untuk program undian dan penukaran langsung.

3.8.2 Shooper tidak memberikan jaminan atau garansi apapun terhadap produk-produk atau hadiah-hadiah itu.

3.8.3 Setiap produk dan hadiah akan memiliki garansi atau jaminan yang resmi dari menufaktur masing-masing produk itu.

 

3.9 Periode Kadarluasa Point Rewards

3.9.1 Poin-poin yang terkumpul tidak memiliki jangka waktu kadarluasa tertentu

3.9.2 Poin-poin yang terkumpul lalu tidak ditukarkan dalam jangka waktu 4 tahun akan ditukarkan dengan kesempatan undian hadiah tetapi dengan terlebih dahulu memberitahu pengguna tersebut

 

3.10 Penutupan dan Non-aktif Akun Shooper

3.10.1 Shooper memiliki hak dan tanggungjawab pada waktu kapan pun, atas alasan apapun, untuk melakukan penutupan, atau menon-aktifkan akun Shooper milik siapapun, tanpa atau dengan memberikan alasan atau pemberitahuan sebelum atau sesudahnya.

3.10.2 Kami segera me-nonaktifkan akun pengguna Shooper yang memposting, mengunduh, menulis, mengirim, menyampaikan dalam bentuk apapun, biar itu di ranah elektronik (dunia maya) maupun bukan, biar itu secara verbal, elektronik atau secara fisik: hal-hal yang menggunakan bahasa atau kata-kata yang tidak sopan, mencederai, melecehkan atau melukai orang lain, maupun hal-hal yang biasanya tidak diterima dalam norma-norma kehidupan kesusilaan di Indonesia.

3.10.3 Pengguna Shooper yang ditemukan, biar itu terbukti atau tidak, telah melakukan hal-hal yang curang, maka akun Shooper nya akan segera di tutup atau di non-aktifkan dan seluruh points yang sudah terkumpul akan hangus, tanpa pemberitahuan sebelumnya.

3.10.4 Yang dimaksud sebagai hal-hal yang curang adalah:

a) mengunduh struk yang palsu, struk yang bukan resmi dari sebuah toko atau perusahaan yang menjual barang atau jasa

b) mengunduh struk yang bukan dari hasil pembelian pengguna itu, atau struk milik orang lain, atau struk yang dipungut, atau struk yang ditemukan

c) melakukan perubahan dalam bentuk apapun terhadap struk belanja untuk mendapatkan points yang tidak layak diterima, misalnya, menambahkan jumlah barang atau harga barang atau tanggal transaksi di dalam struk belanja tersebut

d) menggunakan BOT atau sarana pirangkat lunak yang dapat menggandakan pendaftaran buat program Ajak Teman untuk tujuan mendapatkan points referral yang melanggar Syarat dan Ketentuan 3.6 B di atas

e) melakukan “hacking” terhadap Shooper dengan cara apapun untuk tujuan yang tidak layak

f) mendaftarkan akun Shooper dengan menggunakan akun e-mail atau / dan nomer handphone yang tidak lolos proses verifikasi

g) membuat atau menggandakan akun Shooper dengan menggunakan nama lain, lalu melakukan kegiatan-kegiatan untuk mendapatkan points atau hadiah dengan mengunduh struk yang sama berulang kali

h) membuat atau menggandakan akun Shooper dengan menggunakan nama lain dan/atau alamat e-mail berbeda supaya dapat mengupload lebih dari 5 struk sehari, dan/atau lebih dari 20 struk seminggu

i) saat diminta verifikasi untuk penukaran untuk mendapatkan voucher belanja, hadiah-hadiah, maupun transfer tunai, gagal untuk memberikan data-data yang dibutuhkan seperti nama lengkap, alamat rumah, nomer telefon, nomer rekening bank yang sah, dan nomer KTP yang sesuai dengan data-data yang sebelumnya didaftarkan di Shooper oleh pemilik akun Shooper yang sah

 

4 PERLINDUNGAN PRIVASI DAN DATA PRIBADI

 

4.1 Shooper dengan serius bertanggung jawab berdasarkan peraturan perundang-undangan tentang privasi yang berlaku di Indonesia dan berkomitmen untuk menghormati hak dan masalah privasi semua Pengguna Platform Shooper kami (“Platform”) (secara bersama-sama kami menyebut Platform dan layanan yang kami sediakan sebagaimana yang dijelaskan dalam Situs kami sebagai “Layanan”).

4.2 Kebijakan pada Syarat Dan Ketentuan ini juga mencakup kebijakan Privasi Pengguna (“Kebijakan Privasi” atau “Kebijakan”) dirancang untuk membantu Anda memahami bagaimana kami mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan dan/atau mengolah data pribadi yang telah Anda percayakan kepada kami dan/atau kami miliki tentang Anda, baik di masa sekarang maupun di masa mendatang, serta untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat sebelum memberikan data pribadi Anda kepada kami. Prinsip dasar kami adalah kami mengakui pentingnya data pribadi yang telah Anda percayakan kepada kami dan percaya bahwa privasi dan data pribadi Anda merupakan tanggung jawab kami untuk mengelola, melindungi dan mengolah dengan baik.

4.3 “Data Pribadi” atau “data pribadi” berarti data, baik benar maupun tidak, tentang individu yang dapat diidentifikasi dari data tersebut, atau dari data dan informasi lainnya yang dapat atau kemungkinan dapat diakses oleh suatu organisasi. Contoh umum data pribadi dapat mencakup nama, alamat, nomer telepon, e-mail, nomor identifikasi, informasi kontak dan yang lainnya.

4.4 Shooper selalu menjaga kerahasian data pribadi setiap pengguna. Kami tidak menyebarkan atau membagi data pribadi pengguna kepada pihak mana pun tanpa ijin lebih dahulu dari pengguna tersebut.

4.5 Yang dimaksud Data Pribadi adalah: nama lengkap, alamat, e-mail, nomer telepon, umur, dan jenis kelamin. Data pribadi in terpisah dari data daftar produk-produk maupun keterkaitannya atau hubungannya dengan informasi-informasi yang didapatkan melalui semua tindakan yang dilakukan pengguna itu termasuk upload struk belanja, membuat dan memuat daftar belanja, melakukan pencarian, melakukan klik pada produk dan tombol pada aplikasi Shooper. Contohnya, apabila seorang pengguna membuat daftar belanja lalu melakukan hitung harga dan kemudiannya mengupload struk belanaja, maka data nama lengkap, alamat, e-mail, nomer telepon, jenis kelamin, umur akan kami kunci (tidak diungkapkan), apabila informasi produk-produk seperti harga produk, jumlah produk, nama dan alamat toko, tanggal yang ada pada struk belanja akan kami olah dan tampilkan agar pengguna lainnya dapat mengetahui informasi harga produk-produk tersebut, informasi tokonya, dan tanggal sesuai struk belanja itu tanpa mengetahui data pribadi si pengguna.

4.6 Dengan menggunakan Layanan, mendaftarkan akun pada kami, mengunjungi Platform kami, atau mengakses Layanan, Anda mengakui dan setuju bahwa Anda menerima praktik, persyaratan, dan/atau kebijakan yang diuraikan dalam Kebijakan Privasi ini, dan Anda dengan ini mengizinkan kami untuk mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan dan/atau mengolah data pribadi Anda seperti yang dijelaskan di sini. APABILA ANDA TIDAK MENGIZINKAN PENGOLAHAN DATA PRIBADI ANDA SEPERTI YANG DIJELASKAN DALAM KEBIJAKAN PRIVASI INI, MOHON JANGAN MENGGUNAKAN LAYANAN KAMI ATAU MENGAKSES PLATFORM KAMI. Apabila kami mengubah Kebijakan Privasi kami, kami akan memposting perubahan tersebut atau Kebijakan Privasi yang telah diubah pada Platform kami. Kami berhak untuk mengubah Kebijakan Privasi ini setiap saat.

 

4.7 KAPAN SHOOPER AKAN MENGUMPULKAN DATA PRIBADI?

4.7.1 Kami akan/mungkin mengumpulkan data pribadi Anda:

4.7.1.1 saat Anda mendaftar dan/atau menggunakan Layanan atau Platform kami, atau membuka sebuah akun dengan kami.

4.7.1.2 saat Anda mengirimkan formulir apapun, termasuk, tetapi tidak terbatas pada, formulir permohonan atau formulir lainnya yang berkaitan dengan produk dan layanan kami, baik secara online maupun dalam bentuk fisik;

4.7.1.3 saat anda membuat perjanjian atau memberikan dokumen atau informasi lainnya sehubungan dengan interaksi Anda dengan kami, atau saat Anda menggunakan produk dan layanan kami;

4.7.1.4 saat Anda berinteraksi dengan kami, seperti melalui sambungan telepon (yang mungkin direkam), surat, faks, pertemuan tatap muka, platform media sosial dan email;

4.7.2 saat Anda menggunakan layanan elektronik kami, atau berinteraksi dengan kami melalui aplikasi kami atau menggunakan layanan di Platform kami. Ini termasuk, dengan tidak terbatas pada, melalui cookies yang mungkin kami gunakan saat Anda berinteraksi dengan aplikasi atau situs web kami;

4.7.2.1 saat Anda menyampaikan kritik dan saran atau keluhan kepada kami;

4.7.2.2 saat Anda mendaftar untuk suatu undian; atau

4.7.2.3 saat Anda mengirimkan data pribadi Anda kepada kami dengan alasan apapun.

4.7.3 Daftar di atas tidak dimaksudkan sebagai suatu daftar yang lengkap dan hanya menetapkan beberapa contoh umum tentang kapan data pribadi Anda mungkin diambil.

4.7.4 DATA PRIBADI APA YANG AKAN DIKUMPULKAN OLEH SHOOPER?

4.7.4.1 Data pribadi yang mungkin dikumpulkan Shooper termasuk tetapi tidak terbatas pada:

4.7.4.1.1 nama;

4.7.4.1.2 alamat email;

4.7.4.1.3 tanggal lahir;

4.7.4.1.4 nomor telepon;

4.7.4.1.5 jenis kelamin;

4.7.5 informasi yang dikirim oleh atau terhubung dengan perangkat (-perangkat) yang digunakan untuk mengakses Layanan;

4.7.6 informasi lain apapun tentang Pengguna saat Pengguna mendaftarkan diri untuk menggunakan Layanan atau Platform kami, dan saat Pengguna menggunakan Layanan atau Platform, serta informasi yang berkaitan dengan bagaimana Pengguna menggunakan Layanan atau Platform kami; dan

4.7.7 seluruh data tentang konten yang digunakan Pengguna.

4.7.8 Seluruh informasi dari struk belanja yang diupload oleh pengguna

 

4.8 Anda setuju untuk tidak menyerahkan setiap informasi yang tidak akurat atau menyesatkan, dan anda setuju untuk memberitahukan ketidakakuratan atau perubahan dari informasi tersebut. Kami memiliki hak atas kebijaksanaan kami untuk mensyaratkan dokumentasi yang lebih lanjut untuk melakukan verifikasi atas informasi yang diserahkan oleh anda.

4.9 Apabila anda mendaftarkan diri untuk menjadi pengguna dari Platform kami dengan menggunakan akun media sosial anda (“Akun Media Sosial”), menghubungkan akun Shooper anda dengan Akun Media Sosial anda atau menggunakan setiap fitur media sosial Shooper, kami dapat mengakses informasi tentang anda yang secara sukarela anda serahkan kepada penyedia Akun Media Sosial sesuai kebijakan penyedia media sosial, dan kami akan mengatur dan menggunakan data pribadi tersebut sesuai dengan Kebijakan ini sepanjang waktu.

4.10 Jika Anda tidak ingin kami mengumpulkan informasi/data pribadi tersebut di atas, Anda dapat membatalkannya kapan saja dengan memberi tahu team kami kami secara tertulis. Informasi lebih jauh mengenai pembatalan tersebut dapat ditemukan dalam bagian di bawah ini yang berjudul “Bagaimana Anda dapat mencabut persetujuan, menghapus, meminta akses untuk, atau memodifikasi informasi yang sudah Anda berikan kepada kami?” . Bagaimanapun, harap diperhatikan, bahwa dengan memilih keluar, atau mencabut persetujuan bagi kami untuk mengumpulkan, menggunakan atau memproses data pribadi Anda, dapat memengaruhi penggunaan Anda atas Layanan dan Platform. Contohnya, dengan membatalkan opsi pengumpulan informasi lokasi akan menyebabkan fitur berbasis lokasinya dinonaktifkan.

 

4.11 PENGUMPULAN DATA LAINNYA

4.11.1 Seperti kebanyakan situs web dan aplikasi mobile, perangkat Anda mengirimkan informasi yang mungkin mencakup data mengenai Anda yang dapat dicatat oleh server web apabila Anda menggunakan Platform kami. Ini biasanya termasuk tanpa terbatas, alamat Internet Protocol (IP) perangkat Anda, sistem operasi computer/ perangkat mobile, dan jenis browser, jenis perangkat mobile, karakteristik perangkat mobile, unique device identifier (UDID) atau mobile equipment identifier (MEID) untuk perangkat mobile anda, alamat dari situs yang merekomendasikan (apabila ada), halaman yang anda kunjungi di situs web kami dan aplikasi mobile dan waktu kunjungan anda, dan kadang “cookie” (yang dapat dinonaktifkan dengan menggunakan preferensi browser Anda) untuk membantu situs mengingat kunjungan Anda yang terakhir. Jika Anda log in (masuk), informasi ini dikaitkan dengan akun pribadi Anda. Informasi tersebut juga disertakan dalam statistik anonim untuk memungkinkan kami memahami cara pengunjung menggunakan situs kami.

4.11.2 Aplikasi mobile kami dapat mengumpulkan informasi rinci tentang lokasi dari perangkat mobile dengan menggunakan teknologi seperti GPS, Wi-Fi, dll. Kami mengumpulkan, menggunakan, membuka dan/atau memproses informasi untuk satu tujuan atau lebih, tidak terbatas, layanan berbasis lokasi yang anda minta atau untuk mengirimkan konten kepada anda berdasarkan lokasi anda atau untuk mengijinkan anda membagikan lokasi ke Pengguna lainnya sebagai bagian dari layanan pada aplikasi mobile kami. Untuk sebagian besar perangkat mobile, Anda dapat mencabut persetujuan yang Anda berikan kepada kami untuk memperoleh informasi ini pada lokasi Anda melalui pengaturan perangkat Anda. Jika ada pertanyaan mengenai cara menonaktifkan layanan lokasi perangkat mobile Anda, silakan menghubungi penyedia layanan perangkat mobile Anda atau produsen perangkatnya.

4.12 COOKIE

4.12.1 Sewaktu-waktu, kami dapat mengimplementasikan “cookie” atau fitur lain untuk memungkinkan kami mengumpulkan atau berbagi informasi yang akan membantu kami memperbaiki Platform dan Layanan kami yang kami tawarkan, atau membantu kami menawarkan layanan serta fitur baru. “Cookie” adalah pengenal yang kami alihkan ke komputer atau perangkat mobile Anda yang memungkinkan kami mengenali komputer atau perangkat Anda dan memberi tahu kami mengenai bagaimana dan kapan Layanan atau Platform digunakan atau dikunjungi, oleh berapa banyak orang, dan untuk melacak aktifitas di dalam Platform kami. Kami dapat menautkan informasi cookie ke data pribadi. Cookie juga tertaut ke informasi mengenai item apa yang sudah Anda pilih untuk halaman dan pembelian yang Anda lihat. Informasi ini juga digunakan untuk melacak troli belanja Anda, misalnya. Cookie juga digunakan untuk menyampaikan konten spesifik sesuai minat Anda dan untuk memantau penggunaan Layanan kami.

4.12.2 Anda boleh menolak penggunaan cookie dengan memilih pengaturan yang sesuai pada browser Anda. Bagaimanapun, harap diperhatikan bahwa jika Anda melakukan ini, Anda tidak dapat menggunakan fungsionalitas penuh Plaatform kami.

4.13 MELIHAT DAN MENGUNDUH KONTEN DAN IKLAN

4.13.1 Sama seperti ketika menjelajahi halaman pada situs web kami atau pada aplikasi mobile kami, saat Anda melihat konten dan iklan serta mengakses perangkat lunak lainnya di Platform kami atau melalui Layanan, sebagian dari informasi yang sama dikirimkan kepada kami (termasuk, dengan tidak terbatas pada, Alamat IP, sistem operasi, dsb.); tetapi bukannya tentang berapa kali halaman dilihat, komputer Anda mengirimkan informasi kepada kami tentang konten, iklan yang dilihat dan/atau perangkat lunak yang dipasang oleh Layanan dan Platform dan waktu.

4.14 BAGAIMANA KAMI MENGGUNAKAN INFORMASI YANG ANDA BERIKAN KEPADA KAMI?

4.14.1 Kami dapat mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan dan/atau mengolah data pribadi Anda untuk satu atau lebih dari tujuan-tujuan berikut ini:

4.14.2 mengolah data aplikasi Anda yang anda berikan kepada kami berupa foto dan/atau informasi akan tempat, tanggal, produk dan harga yang tercantum pada struk belanja

4.14.3 mengelola, mengoperasikan, menyediakan dan/atau mengurus penggunaan dan/atau akses Anda ke Layanan kami dan Platform kami (termasuk, namun tidak terbatas pada, mengingat preferensi anda), serta hubungan Anda dan akun pengguna Anda dengan kami.

4.14.4 menanggapi, mengolah, berurusan dengan informasi produk dan harga, memenuhi permintaan Anda untuk produk dan layanan tertentu serta memberi tahu Anda tentang masalah layanan dan tindakan akun yang tidak lazim;

4.14.5 memberlakukan Persyaratan Layanan atau perjanjian lisensi pengguna akhir apapun yang berlaku;

4.14.6 melindungi keselamatan pribadi dan hak, milik atau keselamatan pihak lainnya;

4.14.7 untuk identifikasi dan/atau verifikasi;

4.14.8 mempertahankan dan memberikan setiap pembaruan perangkat lunak dan/atau pembaruan lainnya serta dukungan yang mungkin diperlukan dari waktu ke waktu untuk memastikan kelancaran Layanan kami;

4.14.9 berurusan dengan atau memfasilitasi layanan pelanggan, melaksanakan instruksi Anda, berurusan dengan atau menanggapi setiap pertanyaan yang diajukan oleh (atau konon diajukan oleh) Anda atau atas nama Anda;

4.14.10 menghubungi Anda atau berkomunikasi dengan Anda melalui panggilan telepon, pesan teks dan/atau pesan faks, email dan/atau surat pos atau cara lainnya untuk tujuan mengurus dan/atau mengelola hubungan Anda dengan kami atau penggunaan Layanan kami oleh Anda, seperti tetapi tidak terbatas pada mengomunikasikan informasi administratif kepada Anda yang berkaitan dengan Layanan kami. Anda mengakui dan setuju bahwa komunikasi semacam itu oleh kami dapat dilakukan dengan mengirimkan surat, dokumen atau pemberitahuan kepada Anda, yang dapat melibatkan pengungkapan data pribadi tertentu tentang Anda untuk melakukan pengiriman tersebut serta tercantum juga pada sampul luar amplop/paket pos;

4.14.11 memberi tahu Anda saat Pengguna lain telah mengirimkan pesan pribadi kepada Anda atau memposting komentar untuk Anda di Platform;

4.14.12 mengadakan kegiatan penelitian, analisis dan pengembangan (termasuk, tetapi tidak terbatas pada, analisis data, survei, pengembangan produk dan layanan dan/atau pembuatan profil), untuk menganalisis bagaimana Anda menggunakan Layanan kami, meningkatkan Layanan atau produk kami dan/atau meningkatkan pengalaman pelanggan Anda;

4.14.13 memungkinkan audit dan survei untuk, antara lain, memvalidasi ukuran dan komposisi audiens sasaran kami, serta memahami pengalaman mereka dengan Layanan Shooper;

4.14.14 menanggapi proses hukum atau mematuhi atau sebagaimana diwajibkan oleh setiap hukum, persyaratan pemerintah atau peraturan yang berlaku dengan yurisdiksi yang relevan, termasuk, dengan tidak terbatas pada, memenuhi persyaratan untuk melakukan pengungkapan berdasarkan persyaratan hukum yang mengikat Shooper atau perusahaan terkait atau afiliasinya;

4.14.15 menghasilkan statistik dan penelitian untuk pelaporan internal dan yang diwajibkan oleh hukum dan/atau persyaratan penyimpanan arsip;

4.14.16 melaksanakan uji tuntas atau kegiatan penyaringan lainnya (termasuk, dengan tidak terbatas pada, pemeriksaan latar belakang) sesuai dengan kewajiban hukum atau peraturan atau prosedur manajemen risiko kami yang mungkin diwajibkan oleh hukum atau yang telah diberlakukan oleh kami;

4.14.17 mengaudit Layanan kami atau bisnis Shooper;

4.14.18 mencegah atau menyelidiki setiap penipuan, kegiatan yang melanggar hukum, pembiaran atau kesalahan, baik yang berhubungan dengan penggunaan Layanan kami oleh Anda atau setiap hal lain apapun yang timbul dari hubungan Anda dengan kami, dan baik apakah ada kecurigaan tentang hal tersebut di atas atau tidak;

4.14.19 menyimpan, menyelenggarakan, membuat cadangan (baik untuk pemulihan setelah bencana atau hal lainnya) data pribadi Anda, baik di dalam atau di luar yurisdiksi Anda;

4.14.20 setiap tujuan lain yang akan kami beritahukan kepada Anda pada saat memperoleh persetujuan Anda.

4.14.21 (secara bersama-sama disebut sebagai “Tujuan”).

4.14.22 Karena tujuan kami akan/mungkin mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan atau mengolah data pribadi Anda tergantung pada situasi yang dihadapi, tujuan tersebut mungkin tidak tertera di atas. Akan tetapi, kami akan memberi tahu Anda tentang tujuan lain semacam itu pada saat memperoleh persetujuan Anda, kecuali pengolahan data yang berlaku tanpa persetujuan Anda diizinkan oleh Undang-Undang Privasi.

4.15 BAGAIMANA SHOOPER MELINDUNGI INFORMASI PELANGGAN?

4.15.1 Kami menerapkan berbagai langkah pengamanan untuk memastikan keamanan data pribadi Anda di sistem kami. Data pribadi pengguna berada di belakang jaringan yang aman dan hanya dapat diakses oleh sejumlah kecil karyawan yang memiliki hak akses khusus ke sistem tersebut.

4.15.2 Kami akan menyimpan data pribadi sesuai dengan Undang-Undang Privasi dan/atau hukum lain yang berlaku. Yaitu, kami akan memusnahkan atau menganonimkan data pribadi Anda ketika kami secara wajar menganggap bahwa (i) tujuan data pribadi yang dikumpulkan itu tidak lagi difungsikan oleh penyimpanan data pribadi tersebut; (ii) penyimpanan tidak lagi diperlukan untuk tujuan hukum atau bisnis apa pun; dan (iii) tidak ada surat perintah yang melegitimasi untuk melakukan penarikan data pribadi tersebut lebih jauh. Jika Anda berhenti menggunakan Platform kami, atau izin Anda untuk menggunakan Platform dan/atau Layanan diakhiri, kami dapat terus menyimpan, menggunakan dan/atau mengungkapkan data pribadi Anda sesuai dengan Kebijakan Privasi dan kewajiban kami berdasarkan UU Privasi. Tunduk terhadap hukum yang berlaku, kami dapat secara aman membuang data pribadi Anda tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Anda.

4.16 BAGAIMANA ANDA DAPAT MENCABUT PERSETUJUAN, MEMINTA AKSES KE, ATAU MENGOREKSI INFORMASI YANG SUDAH ANDA BERIKAN KEPADA KAMI?

4.16.1 Mencabut Persetujuan

4.16.1.1 Anda dapat mencabut persetujuan Anda untuk pengumpulan, penggunaan dan/atau pengungkapan data pribadi Anda yang kami miliki, atau berada di bawah kendali kami, dengan mengirim email kepada team kami di alamat email info@shooper.co.id

4.16.1.2 Bagaimanapun, pencabutan persetujuan Anda dapat berarti bahwa kami tidak akan dapat melanjutkan menyediakan Layanan bagi Anda, dan kami mungkin harus mengakhiri hubungan dengan Anda dan/atau kontrak yang Anda buat dengan kami.

4.16.2 Meminta Akses untuk, atau Pembetulan Data Pribadi

4.16.2.1 Apabila Anda memiliki akun dengan kami, Anda dapat mengakses dan/atau membetulkan sendiri data pribadi Anda yang saat ini kami miliki atau kendalikan melalui halaman Pengaturan Akun di Platform. Apabila Anda tidak memiliki akun dengan kami, Anda dapat meminta untuk mengakses dan/atau membetulkan data pribadi Anda yang saat ini kami miliki atau kendalikan dengan mengirimkan permintaan tertulis kepada kami. Kami akan membutuhkan cukup informasi dari Anda untuk memastikan identitas Anda serta sifat permintaan Anda agar kami dapat menangani permintaan Anda. Oleh karenanya, harap mengajukan permintaan Anda secara tertulis dengan mengirim email kepada team kami pada alamat email info@shooper.co.id

4.16.2.2 Kami dapat juga membebankan biaya yang wajar kepada Anda untuk menangani dan memproses permintaan Anda untuk mengakses data pribadi Anda. Jika kami memilih untuk membebankan biaya, kami akan memberi Anda perkiraan biaya yang akan dibebankan secara tertulis. Harap diperhatikan, bahwa kami tidak wajib menanggapi atau mengurus permintaan akses Anda, kecuali Anda sudah setuju untuk membayar biayanya.

4.16.2.3 Kami berhak menolak untuk mengoreksi data pribadi Anda sesuai dengan ketetapan sebagaimana diuraikan dalam UU Privasi, dan bilamana diwajibkan dan/atau memberikan hak kepada organisasi untuk menolak mengoreksi data pribadi dalam keadaan yang dinyatakan.

 

5 PERTANYAAN, MASALAH ATAU KELUHAN? HUBUNGI KAMI

Apabila Anda memiliki pertanyaan atau masalah tentang Syarat dan Ketentuan maupun Kebijakan Privasi kami mohon hubungi kami melalui e-mail di info@shooper.co.id